Amerika Serikat dan negara-negara Uni Eropa bakal memperketat masuknya kiriman paket-paket logistik dari seluruh dunia awal tahun depan. Namun regulator penerbangan RI menyatakan telah siap menembus ketatnya pemeriksaan cargo tersebut.

“Kita telah mengimplementasikan pemeriksaan ekspres melalui regulated agents (RA) untuk pengiriman cargo internasional. Karenanya, pengiriman asal Indonesia dinyatakan telah siap dikirim ke seluruh dunia,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti S Gumay di Jakarta, Jumat (11/11/2011).

Seperti diketahui,  keselamatan dan keamanan kargo menjadi salah satu isu penting di AS dan Eropa. Negara-negara itu bahkan akan memblacklist negara asal kargo yang tidak melalui prosedur keamanan yaitu diperiksa melalui X-ray satu per satu sehingga barang yang akan dikirim jelas telah aman.

Mengenai protes perusahaan jasa pengiriman yang meminta pelaksanaan RA ditunda sudah tidak beralasan, karena sebenarnya seluruh pihak telah siap. Maskapai penerbangan yang mengangkut, jelasnya, telah mendukung langkah tersebut.

“Perusahaan pengirimannya yang belum siap, tetapi itu tidak berpengaruh terhadap implementasi inspeksi barang tersebut,” tandasnya.

Pelaksanaan pemeriksaan barang logistik internasional telah dilakukan awal Oktober lalu dan hingga saat ini tidak mengalami kendala, sementara inspeksi kargo domestik telah dilakukan sebulan sebelumnya.