KOMPAS.com — Wakil Presiden Boediono dijadwalkan akan membuka forum Indonesia Logistics Summit (ILS) 2011 yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (10/11/2011) siang.

Pertemuan yang membahas segala sesuatu terkait logistik ini akan berlangsung selama dua hari, yakni 10-11 November 2011. Adapun tema yang diusung adalah “Locally Integrated, Globally Connected”.

Beberapa sesi diskusi akan menghiasi pertemuan yang akan diikuti oleh para pelaku usaha, pejabat pemerintah, hingga lembaga internasional seperti Bank Dunia. Diskusi akan dilakukan demi memecahkan permasalahan yang terjadi di bidang logistik, khususnya dalam menghadapi integrasi bidang ini di lingkup ASEAN pada tahun 2013.

Salah satu masalah yang menjadi sorotan dari pemerintah ataupun pengusaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia adalah besarnya biaya logistik di Indonesia. Biaya tersebut bisa mencapai 17 persen dari total biaya yang harus dikeluarkan pengusaha. Ini miris dibandingkan dengan Malaysia hanya 8 persen dan Filipina dengan 7 persen. Masalah lainnya adalah kurangnya pengadaan alat berat dan transportasi. “(Jadi) selain diperlukan regulasi yang tepat, pemberian intensif dari pemerintah juga dibutuhkan untuk pengadaan alat angkut,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan, Distribusi, dan Logistik Natsir Mansyur, di Jakarta, beberapa waktu lalu