Singapore Airlines Cargo telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 16 persen saham China Cargo Airlines Co Ltd,  ini bergantung dari persetujuan pihak regulator dan pihak berwenang lainnya.

Setelah penandatanganan perjanjian investasi yang dilakukan pada minggu ini di Shanghai, para pemilik saham akan meminta persetujuan China Cargo Airlines untuk diubah menjadi sebuah perusahaan joint-venture ekuitas China-Asing terbatas. Adapun modal terdaftar perusahaan tersebut akan meningkat menjadi RMB3 miliar.

China Cargo Airlines merupakan perusahaan kargo berbasis di Shanghai dan berbadan hukum di Republik Rakyat China dengan modal awal terdaftar sebesar RMB950 juta (RMB=Rinminbi-mata uang China). Dari modal tersebut, sebanyak 70 persen dari keseluruhan saham perusahaan tersebut dimiliki oleh China Eastern Airlines dan sisanya 30 persen dimiliki oleh China Ocean Shipping (Group) Company (COSCO).

Sedangkan Investasi SIA Cargo di perusahaan yang telah diubah tersebut menjadi RMB328 juta. Menurut  Presiden SIA Cargo, Mr Tan Kai Ping dalam rilisnya yang diterima pada pekan lalu mengatakan, kami sangat bangga dengan pembentukan perusahaan joint venture ini. Hal ini akan memungkinkan peran serta SIA Cargo yang lebih besar di sektor transportasi kargo di China yang telah tumbuh dengan sangat pesat. “Kami menantikan untuk berkerja sama secara erat dengan mitra baru kami ini,”akuinya.

China Cargo Airlines mengoperasikan armada 13 pesawat yang terdiri dari tiga pesawat Airbus A300, dua pesawat angkut Boeing 747-400, tiga pesawat angkut Boeing 777 dan lima pesawat angkut McDonnell Douglas MD-11. Jaringan rute global China Cargo Airlines melampaui 26 destinasi di luar Shanghai, mencakup pelabuhan-pelabuhan kargo utama di China, Asia, Eropa dan Amerika Serikat.(bud)

Komposisi kepemilikan saham baru China Cargo Airlines

 No  Perusahaan  Saham (%)
 1  China Eastern Airlines    51
 2  China Ocean Shipping (Group) Company (COSCO)   17
 3  Concord Pacific Limited (EVA Airways Affiliate Company)  16
 4  SIA Cargo   16

News Hit Counter : 588