Bali Cargo – Lion Air, salah satu maskapai penerbangan nasional terbesar di Tanah Air, bekerjasama dengan Virtual Air Services (VAS) dan RPX Warehouse, meluncurkan Road Feeder Service (RFS) yaitu layanan pengiriman barang dari Bandung ke semua tujuan penerbangan Lion Air dengan Jakarta sebagai transit station.
RFS sebagai strategy dalam menyikapi business opportunity untuk Cargo di Bandung dioperasikan secara terjadwal dalam 2 flight per hari dari Bandung ke Bandara Soekarno Hatta.

Dalam pelaksanaan layanan RFS, dioperasikan 2 (dua) jenis Truck yaitu 1 Jenis Truck Double dengan kapasitas 4 Ton per trip dan 1 (satu) jenis Wing Truck dengan max capacity 15 Ton per trip. Keduanya diterapkan sebagai Virtual Flight menggunakan dedicated Flight Number JT 8888 dan JT 8880 sebagai connecting flight BDO dan CGK.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengusaha di Jawa Barat yang menggunakan pengiriman barang melalui Lion Air agar dapat mendistribusikan barang-barangnya dengan hemat waktu, hemat biaya, tepat waktu dan terjamin aman.

Jawa Barat mempunyai market yang cukup signifikan dengan karakteristik seperti Garment, Footwear (sepatu dan sandal), kerajinan kulit, handycraft, telekomunikasi, beberapa niche market Distro Retail dan unique live animal (Ayam Pelung) merupakan market yang selama ini masih belum dapat digarap secara optimal oleh Lion Air.

Edward Sirait, Direktur Umum Lion Air mengatakan kinerja perekonomian Jawa Barat tahun 2010 meningkat dibandingkan tahun 2009. Hal tersebut terlihat dari laju pertumbuhan ekonomi Jawa Barat  sebesar 6,09 persen di tahun 2010 dibanding tahun 2009  hanya sebesar 4,29 persen.

“Lion Air sebagai penyedia jasa pengiriman barang melalui udara,  menyambut gembira kolaborasi ini. Dengan diperluasnya layanan pendistribusian barang dari dan ke Jawa Barat, maka dapat membantu dan memudahkan pengusaha lokal dalam pendistribusian barang-barang  mereka ke Jakarta dan tujuan-tujuan lainnya dengan aman & tepat waktu,” ujar Edward Sirait, seperti rilis yang diterima okezone, Senin, (23/5/2011).

Selain itu, Anthony See, Director Regional Business Development Virtual Air Services (VAS) menyatakan, tahun ini, pangsa pasar layanan pendistribusian barang di Jawa Barat mencapai  40-60 persen  untuk barang-barang seperti barang telekomunikasi, tekstil dan produk tekstil (TPT), distro, dan lain sebagainya.

“Kami  sebagai penyedia layanan/fasilitas Road Feeder Service untuk area Jawa Barat sangatlah optimis. Fasilitas ini dapat membantu pengusaha di Jawa Barat, agar tidak lagi mengatur pengiriman barangnya sendiri ke Jakarta. Dengan adanya layanan ini, kami dapat mengatur pengiriman barang ke gudang transit RPX di Jakarta untuk ditransfer melalui Lion Air, dengan frekuensi pengiriman 2 kali sehari,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Taufick D. Mochtar, Vice President Director Business Development – RPX Group. Dia mengatakan Jawa Barat sebagai wilayah yang luas dengan jumlah penduduk terbesar dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia dan dengan posisi geografis yang berbatasan dengan Ibukota Negara, merupakan barometer situasi dan kondisi makro di Indonesia.

“Dengan melihat potensi ini RPX sebagai penyedia gudang transit di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta bekerjasama dengan Lion Air dan VAS bersama-sama akan meningkatkan kualitas dan layanan distribusi barang dari Jawa Barat hingga ke lokasi tujuan,” terangnya.